Basic sketchware
Mengenal Balok Variabel di Sketchware
Halo teman-teman, jumpa lagi bersama mimin di kodinghape, dikesempatan kali ini mimin bakal mengajak teman-teman untuk mengenal block (balok) Variabel dan juga cara menggunakan serta menambahkan variabel. Wah komplit banget, hehe iya dong biar teman-teman bisa mengetahui dan paham tentang blok variabel disketchware.
Nah ibaratkan variabel itu seperti tempat penitipan helem yang menyimpan sementara helm kita, nah biasanya kan diberikan kartu yang berisi nama atau tulisan. Nah tulisan itu membantu penjaga menemukan helm teman-teman, sama juga seperti variabel. Variabel memiliki nama atau panggilan yang dapat dipanggil maupun disimpan data sementara..
Oke jika sudah paham, sekarang kita akan menuju tampilan block variabel disketchware, untuk yang masih bingung menggunakan block (balok) bisa baca postingan sebelumnya hehe...
1. Add Variable = Menambahkan variabel baru
2. Remove Variable = Menghapus variabel yang telah ditambahkan
A. Menambahkan Variable
Variabel di sketchware terdiri dari 4 tipe, yaitu Boolean, String, Number, dan Map. Apa sih itu kak?
- Boolean
Tipe Boolean mewakili nilai benar dan salah . Meskipun hanya dua nilai yang mungkin, namun jarang diterapkan sebagai digit biner tunggal untuk alasan efisiensi. Banyak bahasa pemrograman tidak memiliki tipe Boolean eksplisit, sebaliknya menafsirkan (misalnya) 0 sebagai salah dan nilai lain sebagai benar. Data Boolean mengacu pada struktur logis tentang bagaimana bahasa diinterpretasikan ke bahasa mesin. Dalam hal ini Boolean 0 merujuk ke logika False. True selalu bukan nol, terutama yang dikenal sebagai Boolean 1. (sumber : wikipedia)
- Number
Karakter yang mungkin berupa angka
- String
Karakter , yang mungkin berupa huruf dari beberapa alfabet , digit, spasi kosong, tanda baca, dll. (sumber : Wikipedia)
- Map
Class HashMap merupakan class turunan dari class AbstractMap dan implementasi dari interface Map. (sumber : PetaniKode)
Saat membuat variabel perlu diingat, nama variabel tidak boleh menggunakan huruf besar atau simbol yang dilarang seperti @#$&()"!;", Tips dari mimin, untuk nama variabel sebaiknya namanya mudah di ingat hehe..
• Variabel Booelan
Pada variabel ini, pada saat teman-teman membuat variabel bertipe ini maka akan muncul balok berbentik segienam atau apa itu (mimin lupa nama bentuknya bisa lihat digambar). Nilai dari variabel Booelan ini bernilai True (Benar), dan False (Salah), bisa digunakan sebagai pernyataan apabila digabungkan dengan block IF (Jika) yang nanti akan saya jelaskan..
Variabel ini hanya bisa menyimpan sementara angka bukan teks, nah berbeda dengan booelan, variabel ini berbentuk lonjong.
Block variabel number ini terdiri dari :
- Set Number : (Nama Variabel) to = Dimana variabel dapat kita set (atur nilainya) menjadi angka berapa saja yang teman-teman masukan.. contoh saya memasukan "99" maka nilai variabel ini menjadi "99".
- Number : (Nama Variabel) increase 1 = block untuk menambahkan angka 1 pada variabel, misalkan variabel awal "3" lalu di masukan block ini maka akan bertambah menjadi "4" (3+ 1).
- Number : (Nama Variabel) decrease 1 = block untuk mengurangi angka 1 pada variabel, misalkan variabel awal "2" lalu di masukan block ini maka akan berkurang menjadi "1" (2- 1).
• Variabel String
Variabel ini hanya bisa menyimpan sementara teks namun bisa juga angka tapi tidak bisa dilakukan penjumlahan maupun pengurangan, nah berbeda dengan variabel number, variabel ini berbentuk persegi.
Di variabel String terdapat Set (Nama String) to = dimana kita bisa mengatur nilai string dengan teks yang kita masukan.
• Variabel Map
Variabel ini hanya bisa menyimpan sementara key dan value (kunci dan nilai), nah maksudnya kunci disini adalah kita bisa membuat sebuah list dalam satu variabel dengan nama kunci berbeda dalam setiap nilainya, ibaratkan seperti lemari yang memiliki kotak-kotak penyimpan teman-teman..
Penjelasan :
- Create new maps = membuat variabel map baru
- Map: Put key [key] value [value] = menambahkan kunci dengan value pada variabel map
- Map: get key [key] = Mengambil data dari variabel map berdasarkan kunci dan menampilkan nilai dari kunci tersebut
- Map: Contain key = merupakan blok booelan (segi enam) yang dimana jika kunci variabel map mengandung nilai yang persis (biasanya digunakan pada blok IF)
- Map: Remove Key = menghapus nilai dari kunci divariabel map tersebut.
- Map: Size = menampilkan jumlah data (total semua kunci yang tersimpan) dalam bentuk angka ( bentuk lonjong)
Lanjut...
- Map: is empty = membuat pernyataan variabel map tidak memiliki kunci dan nilai dengan bentuk booelan (segi enam) biasanya bisa digunakan bersama Blok IF
- Map: get All keys to List String: = mengkonversikan atau mendapatkan semua kunci kemudian memasukannya kedalam list (balok list akan dijelaskan dipostingan berikutnya) dalam bentuk string..
Oke akhir postingan, kita sudah banyak belajar tentang balok variabel dan cara penggunaannya. Jika teman-teman mendukung kodinghape, silahkan simpan alamat kodinghape di browser kesayangan kalian dan bisa follow sosial media hehe biar mimin makin eksis.. oiyah kalian juga bisa trakter mimin beras wkwk
Semoga Bermanfaat,tetap semangat.. salam kodinghape
#kodinghape
Post a Comment
0 Comments
Halo sobat kodinghape, silahkan berkomentar, memberi saran atau pendapat kalian disini. Harap gunakan bahasa yang sopan dan tidak menyinggung ya.. kenyamanan komunitas adalah tanggung jawab sobat kodinghape 😊